Merawat Rambut

Cara Merawat Rambut NababanSetiap orang di dunia ini pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat, baik itu pria maupun wanita, karena rambut adalah mahkota.  Sehingga kunci utama mempunyai rambut indah adalah selalu menjaga kelembaban alami rambut. Merawat rambut memang tidaklah mudah jika kita tidak memahami dan mengenali jenis rambut. Sebelum melalukan perawatan rambut sebaiknya kenalilah jenis rambut kita sehingga dapat memudahkan merawatnya dengan baik dan benar.

Untuk membuat rambut tidak terlihat kering dan kusam sebaiknya gunakanlah shampoo dan condisioner yang sesuai dengan rambut kita. Condisioner dapat dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga kita tidak perlu lagi melakukan  perawatan rambut di salon yang cukup mengeluarkan dana.

Merawat rambut adalah hal yang tidak mudah, banyak sekali yang mengeluh dengan keadaan rambut yang kurang bagus sehingga penampilan kurang pede apalagi yang namanya berhadapan dengan lawan jenis. Hmmm…. Bisa-bisa kita batalin janji atau cari alasan lain untuk bertemu seseorang. Merawat rambut adalah hal yang sangat penting apalagi merawat rambut si kecil. Kita yang dewasa saja kadang sering kewalahan merawat rambut, bagaimana dengan si kecil yang tidak mengerti apa-apa?

Berikut ada 9 tips merawat rambut si kecil

1.       BERSIHKAN RAMBUT SECARA TERATUR.

Agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut anak dua hari sekali. Sebaiknya, aktivitas mencuci rambut bagi anak tidak terlalu lama. Satu atau dua menit pun cukup. Setelah itu, dibilas hingga bersih. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.

Sedangkan pada bayi, keramas dapat dilakukan satu atau dua kali seminggu. Ingat, rambut bayi tidak terlalu kotor, selain tidak mengeluarkan banyak keringat. Rambut bayi juga tidak selebat rambut orang dewasa. Seminggu sekali bersihkan kulit kepalanya menggunakan baby oil lalu segera keramas.

2.       PILIH SAMPO YANG TEPAT.

Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut si kecil jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak samphoo pilihan buat anak. Sedangkan untuk bayi, pilihlah yang bahan aktifnya tidak mengiritasi mata dan tidak memicu alergi.

3.       PILIH SISIR YANG TIDAK TAJAM. 

Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisirlah rambut anak secara lembut. Bila tidak, salah-salah cara rambut si kecil malah rusak dan rontok. Jadikan acara menyisir rambut ini sebagai ajang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjalin kedekatan.

Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih. Untuk bayi, gunakan selalu sisir bayi yang lembut.

4.       GUNTING RAMBUT.

Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan orangtua menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering. Bahkan untuk bayi, orangtua bisa menggunduli anak dalam beberapa waktu tertentu. Selain rambut dan kulit kepala bayi mudah dibersihkan, rambut yang baru akan tumbuh lebih lebat dan hitam.

5.       KONSUMSI MAKANAN BERGIZI.

Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.

Untuk bayi, sangat dianjurkan mengonsumsi ASI secara eksklusif. Ini karena ASI kaya kandungan gizi, tidak dapat tertandingi oleh susu formula atau nutrisi lainnya.

6.       IKAT RAMBUT SAAT BEROLAHRAGA.

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun, aktivitas itu juga berpotensi merusak rambut. Jika rambut anak panjang, ikatlah dan jepit ke atas. Pastikan rambut itu tidak menghalangi gerakan dan pandangan anak. Penggunaan ikat kepala atau bando juga bisa menjadi solusi. Selain tampil lebih gaya, rambut anak pun lebih terjaga. Bila menggunakan penutup kepala atau bandana, pilihlah yang cepat menyerap keringat sehingga tidak menumpuk di kulit kepala. Ingat, endapan keringat yang mengering dapat merusak akar rambut.

7.       JAUHI SINAR MATAHARI.

Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat bepergian di tengah terik matahari, usahakan memakai topi atau payung. Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari.

8.       KENAKAN PENUTUP SAAT BERENANG.

Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum Anda masuk ke kolam.

9.       HATI-HATI SAAT MENGERINGKAN.

Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut anak.

Nah.. Itulah tips untuk merawat rambut si kecil. Bagaimana dengan kita yang sudah dewasa? Rambut orang dewasa belum tentu lebih bersih dari rambut anak-anak, maka kita juga harus lebih waspada. Yang penting adalah bagaimana kita mengenal jenis rambut kita.

Berikut ada cara merawat rambut dengan alami,

 I.            RAMBUT KERING.

Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, bahkan rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembaban yang ekstra. Kita bisa membuat condosioner yang mudah, yaitu dengan cara buatlah campuran dua sendok makan mayonaise dan satu buah avokad. Aduklah merata hingga tekstur avokad terasa lembut. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambik memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

II.            RAMBUT BERMINYAK.

Ada beberapa penyebab sehingga rambut bisa menjadi berminyak yaitu karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut dan aktivitas hormon yang tinggi. Gunakanlah shampoo yang ringan dan shampoo khusus untuk rambut berminyak seperti shampoo bayi juga bagus. Cucilah rambut setiap hari, sebaiknya bilas dengan air dingin secara menyeluruh, hindarilah membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kulit kepala semakin berminyak. Jangan sisir rambut terlalu sering. Kurangi juga memegang rambut terlalu sering soalnya akan membuat rambut menjadi kotor.

Perawatan rambut berminyak bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Gunakanlah condisioner hanya diujung-ujung rambut saja, dan hindarilah menggunakan condisioner pada batang rambut yang berada di dekat akar rambut. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan tradisional dengan buah lemon, yaitu alurkan jus lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala.

III.            RAMBUT MUDAH PATAH dan RUSAK.

Jika mempunyai rambut yang patah dan rusak maka gunakanlah condisioner yang mengandung banyak pelembab. Hindarilah melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Saat mencuci rambut sebaiknya gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala.

Untuk rambut patah dan rusak buatlah condisioner dengan yogurt. Caranya adalah campur yogurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang basah. Lalu diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah 1minggu 2 kali jika menggingginkan hasil yang menabjubkan.

 IV.            RAMBUT YANG SUSAH DIATUR.

Jika memunyai jenis rambut seperti ini, memang gampang-gampang susah dalam merawatnya. Selain rambut juga cepat kusut dan sulit untuk diatur dan ditata rapi. Sebaiknya kita membuat condisioner sendiri yang cukup mudah untuk rambut jenis ini. Caranya yaitu campurlah air perasan satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Karena minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata. Vitamin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Gunakanlah maksimal 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan.

 V.            RAMBUT KOMBINASI (BERMINYAK + UJUNG KERING).

Gunakanlah shampoo hanya kulit kepala dan condisionernya di ujung rambut. Untuk menghindari ujung rambut bercabang, bisa melakukan pengguntingan ujung rambut setiap 6 (Enam) minggu. Dan selalu gunakan sisir yg bergigi jarang dan jangan gunakan sisir yang berbentuk sikat.

 VI.            RAMBUT BERKETOMBE.

Gunakanlah shampoo anti ketombe sesering mungkin dan hentikan apabila ketombe agak berkurang. Jangan menggaruk kulit kepala untuk menghindari terjadinya infeksi. Secepatnya konsultasi ke dokter apabila setelah penggunaan shampo anti ketombe dalam waktu 2(dua) minggu tidak ada perubahan yang berarti atau bahkan kulit kepala malah terasa sakit, gatal, atau meradang.

Semoga bermanfaat!!!

 

Sumber: Cara Merawat Rambut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s