Patiur Mata Ni Mual

opelPatiur Mata ni Mual ini adalah acara dimana Pengantin Pria dan Orang tuanya didampingi keluarga dekatnya datang ke rumah Tulang–Nantulang (Kakak atau adik kandung) dari ibu pengantin pria dalam rangka rencana pernikahan anak sulung.

 Patiur mata ni mual hanya berlaku atau diadakan dalam rangka pernikahan anak sulung, sedangkan untuk pernikahan adiknya sudah tidak menjalankan adat itu lagi.

 Pada hakekatnya acara ini hanyalah sekedar memberi hormat kepada Tulang, dimana suasananya tidak terlalu formal tetapi justru terasa santai saja.

 Acaranya dimulai dengan terlebih dahulu menyerahkan daging adat (Tudu-tudu) ni Sipanganon kepada pihak tulang pengantin dimana orang tua pengantin akan didampingi oleh saudara-saudaranya.

 Sebagai bukti kesediaan Tulang merestui pernikahan keponakan (berenya) maka tulang dan nantulang akan memberikan dekke (ikan adat) kepada keponakannya berikut sehelai ulos adat misalnya Ragi hotang.

 Selesai memberi Restu, acara kemudian dilanjutkan dengan acara makan bersama di mana doa makan dipimpin oleh pihak Paranak.

 Pada bagian akhir acara ini, pihak tulang bersama kerabatnya akan memberi ”Kata-kata berkat” dan akan diterima (diampu) oleh keluarga pihak Paranak lalu dilanjutkan dengan pemberian uang Piso-Piso untuk tulang dan pasituak na tonggi untuk seluruh kerabatnya.

 Besarnya uang piso-piso dan pasi tuak na tonggi tersebut tergantung kemampuan dan pertimbangan dari pihak Paranak.

 Untuk acara ini Paranak membawa seekor bagi/daging masak lengkap dengan tudu-tudunya. Sedang pihak Tulang mempersiapakan dengke ikan adapt berikut sehelai ulos ragi hotang atau sejenisnya.

One thought on “Patiur Mata Ni Mual

  1. wah….. mantab niy blog nya tulang….. bisa lah awak belajar adat dari sini bah…. hehehe.. mantaffff

    Harry P. Pasaribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s