MARTUMPOL

bungaMartumpol ini berarti bersaksi. Ini khusus bagi yang beragama Kristen dimana kedua calon mempelai harus bersaksi di gereja dan di depan Majelis Gereja (Pendeta) dan khalayak ramai bahwa tidak ada lagi hubungan cinta dengan orang yang lain.

Dan pernyataan ini akan dicatat atau dibukukan dalam formulir Gereja. Dan setelah dituliskan maka pejabat Gereja akan membacakannya, setelah semua data sudah benar maka kedua mempelai membubuhkan tanda tangan bersama orang tua kedua belah pihak dan berikut saksi-saksinya.

Dalam acara ini akan ada kebaktian singkat dimana Pendeta/Majelis Gereja akan menjelaskan hakekat hidup berkeluarga orang kristiani.

Menurut kebiasaan Acara ini diadakan di Gereja atau di wilayah pihak perempuan sehingga untuk konsumsi disini berupa snack (kopi, teh, aqua)

Pada acara ini keluarga kedua belah pihak juga bisa mengundang hula-hula masing-masing selain itu juga mengundang semua orang yang dating pada acara Patua Hata.

One thought on “MARTUMPOL

  1. Gimana kalau si perempuan atau si laki-laki sebelumnya sudah punya anak tapi di luar nikah , apakah diperbolehkan martumpol/dipasu-pasu di gereja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s