PATUA HATA

panoramic-tobasaAcara Patua Hata ini adalah merupakan tindak lanjut dari acara Marhori-hori dinding  atau bisa disebut Marhusip, dimana rombongan yang datang dari keluarga laki-laki dalam jumlah yang lebih besar untuk menyatakan keinginan melamar anak perempuan dari keluarga perempuan untuk dijadikan menantu. Karena sebelumnya keinginan dan hubungan hanya sebatas hubungan antara pemuda-pemudi (Naposo) dan kemudian meningkat sampai orang tua harus campur tangan.


Pada acara ini sudah melibatkan langsung para orang tua kedua belah pihak, dimana orang tua laki-laki akan bertanya apakah calon menantunya sudah benar-benar sayang dan cinta pada anaknya. Hal ini tidak melibatkan orang tua yang langsung bertanya, tetapi melalui anak perempuan yang sudah menikah dan jawabanya akan diumumkan kemudian.


Setelah mengetahui pengakuan dan jawaban dari pihak perempuan maka akan dilanjutkan dengan membicarakan hal-hal yang telah dibahas sewaktu acara Marhori-hori Dingding.


Dan sebagai penutup, maka kedua calon pengantin akan diberi arahan agar mereka jangan sampai menjalin hubungan asmara dengan laki-laki lain atau perempuan lain. Dan setelah arahan maka suhut agar memberikan uang ingot-ingot kepada Protokol dan untuk undangan yang hadir. Yang di undang pada acara ini adalah kerabat (Perwakilan Ompu), boru-bere, dongan sahuta, ale-ale dan pariban.


Dalam acara ini tidak ada pembagian jambar tetapi pihak keluarga laki-laki menyediakan seekor babi matang (lomok-lomok) yang lengkap dengan tudu-tudu dan berbobot antara 20 – 30 kg tergantung berapa banyak undangan. Sedangkan pihak keluarga dari perempuan menyiapkan ikan mas sebagai imbalan kepada keluarga pihak laki-laki. Dan ada baiknya bila keluarga pihak laki-laki membawa minuman untuk melengkapi makanan tersebut dengan soft drink dan bir (Tetapi hal ini tidak dipaksakan). Setelah selesai acara ini maka akan dilanjutkan dengan acara “Martumpol”.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s